Resensi Buku : Algoritma Genetika Dalam MATLAB

Resensi Buku : Algoritma Genetika Dalam MATLAB
Judul Buku : Algoritma Genetika Dalam MATLAB
Penulis Buku : Suyanto
Penerbit : Andi Offset Publisher
Cetakan : Edisi ke-1 Cetakan Pertama
Deskripsi : 150 halaman.; il.; 23 cm

Buku Algoritma Genetika Dalam MATLAB merupakan salah satu buku yang membahas salah satu aplikasi pemrograman yang sering digunakan di dunia perkuliahan, yaitu aplikasi MATLAB. Di dalam isi buku tersebut, terdapat bahasan yang menitikberatkan kepada pengimplementasian / penggunaan MATLAB untuk menentukan suatu algoritma genetika. Selanjutnya, terdapat beberapa macam bahasan yang memfokuskan kepada penggunaan MATLAB, yaitu pembahasan tentang Algoritma Genetika Dasar, Implementasi Algoritma Genetika dalam MATLAB, Karakterisktik Algoritma Dasar, Algoritma Genetika Lanjut, dan Studi Kasus mengenai penyelesaian Algorima Genetika.Pemrograman komputer adalah suatu perintah yang diberikan kepada sebuah alat komputasi dengan memasukkan sebuah bahasa komputik yang bertujuan untuk menemukan maksud dan hasil penghasilan yang kita inginkan yang dapat berupa data, value, maupun algoritma. Algoritma sendiri adalah suatu urutan maupun langkah menghitung atau menyelesaikan masalah yang harus ditulis secara runtut dan saling berkesinambuangan antara langkah sebelum dan sesudahnya. Sementara itu, aplikasi MATLAB adalah aplikasi yang digunakan untuk menganalisis dan atau mengkomputasi data yang berupa data numerik.

Secara umum, buku ini memiliki isi yang cukup lengkap. Terdapat beberapa bab dan sub-bab yang mampu menjelasakan materi Algoritma Genetika dengan cukup baik. Cakupan pembahasan tersebut kemudian diilustrasikan ke dalam gambar yang membuat isi buku tersebut menarik. Dalam rangkaian ilustrasi dilengkapi juga dengan bahasa pemrograman yang di input sesuai dengan command yang membuat pembaca memahami tentang apa yang dimaksudkan oleh penulis dalam pemrograman tersebut. Selain itu, tanda baca yang digunakan di dalam buku ini sudah sesuai dengan kaidah penggunaan tanda baca. Baik tanda baca dalam kalimat biasa maupun dalam command pemrograman, dirasa sudah sangat baik. Dengan demikian, pembaca tidak perlu khawatir jika akan menggunakan command pemrograman yang telah dicontohkan dalam buku ini. Buku ini cocok digunakan olh kalangan pelajar dan mahasiswa, karena bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat fleksibel dan sesuai dengan Bahasa sehari-hari sehinggan dapat dimengerti oleh orang umum.

Di samping kelebihan yang ada dalam buku tersebut, terdapat pula kekurangan yang cukup berpengaruh terhadap pembaca. Ketiadaan penjelasan mengenai penggunaan command membuat pembaca kesulitan untuk memahami Bahasa pemrograman dan melakukan suatu command pemrograman. Bahasan per sub-bab yang diberikan pun hanya sekilas dan tidak dijelaskan secara menyeluruh, hal tersebut membuat pembaca memiliki konsep yang berbeda-beda terhadap penyampaian materi di bagian sub-bab. Selain itu, pembaca juga merasa kesulitan dikarenakan ada beberapa ilustrasi atau contoh Bahasa pemrograman yang tidak jelas, misalnya tidak adanya pemberitahuan kapan suatu command dimulai, bagaimana command dimulai serta kapan command berakhir dan bagaimana mengakhiri sutu command. Dengan ditambahkannya keterangan pada setiap kode / bahasa pemrograman, tentu saja akan mempermudah pembaca untuk mengetahui informasi maupun petunjuk tentang penggunaan bahasa pemrograman.

Buku tersebut sangat cocok digunakan bagi para pelajar maupun mahasiswa yang mempelajari pemrograman komputer khususnya bagi yang mempelajari Algoritma Genetika dan bagi yang mempelajari pemrograman computer dengan menggunakan MATLAB. Dengan adanya buku tersebut, diharapkan pembaca dapat mengerti bagaimana cara menganalisis Algoritma Genetika dengan aplikai MATLAB. Diharapkan jug apembaca bias mengimplementasikan penggunaan MATLAB untuk kegiatan pemrograman baik sebagai bagian dari suatu tugas maupu sutu bagian dari penelitian.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 1 =